Warga Diminta Tinggalkan Desa Usai Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur Naik Status 

Berita56 Dilihat

Rabu, 10 Januari 2024 – 05:09 WIB

Flores NTT – Kenaikan status menjadi level IV atau Awas, terhadap aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki, membuat otoritas terkait meminta warga meninggalkan Desa Dulipali. 

Baca Juga :

Bawaslu Mulai Periksa Satpol PP Garut Diduga Dukung Cawapres dan ASN Bekasi Pamer Nomor Baju

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga untuk meninggalkan atau mengosongkan Desa Dulipali di Kecamatan Ile Bura, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pascakenaikan status Gunung Lewotobi Laki-laki dari level III atau Siaga menjadi level IV atau Awas.
 
“Untuk saat ini satu desa sektoral barat laut-utara itu harus dikosongkan. Dari peta KRB itu Desa Dulipali,” kata Ketua Pos Pengamatan Gunung api Lewotobi Laki-laki, Herman Yosep di Wulanggitang, Flores Timur, Rabu dini hari, dikutip dari Antara. PVMBG menyatakan kenaikan status gunung sejak Selasa pukul 23.00 WITA.
 
Secara visual selama 1-9 Januari 2024 adanya aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki yang menunjukkan peningkatan tinggi kolom erupsi maksimum 1.500 meter dari pusat erupsi yang berada pada area sebelah barat laut-utara kawah.
 
Selain itu teramati sinar api dan lontaran material pijar di bagian puncak dan aliran lava di bagian rekahan berarah barat laut-utara dari puncak.
 
Kemudian tremor menerus mengalami peningkatan amplitudo yang menunjukkan terjadinya peningkatan energi erupsi.
 
Ia pun mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius empat kilometer dari pusat erupsi serta sektoral lima kilometer pada arah barat laut-utara.
 
Dalam pemetaan yang dilakukan oleh Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Nusa Tenggara, Desa Dulipali merupakan salah satu desa dengan jalur aliran lava.

Baca Juga  TAM Umumkan Top 3 Toyota Rangga Concept Digimodz, Hadirkan Kreatifitas Konversi Hilux Rangga

“Kita patok di lima kilometer ini karena ada aliran arah ke sana,” ucapnya. (Ant)

Baca Juga :

BNPB Klarifikasi Info soal Gunung Lewotobi Laki-laki Akan Erupsi

Gunung Marapi Naik Status Jadi Level III

PVMBG mengeluarkan rilis perubahan status Gunung Marapi, Sumatra Barat, yang semula berada pada level II (Waspada) menjadi level III (siaga) mulai Selasa, 9 Januari.

img_title

VIVA.co.id

10 Januari 2024



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *