Survei SPIN Prabowo-Gibran Unggul 50,9 Persen, Ganjar-Mahfud 23,5 Persen, Anies-Cak Imin 18,7 Persen

Berita201 Dilihat

Senin, 15 Januari 2024 – 17:07 WIB

Jakarta – Hasil terbaru survei Lembaga Survey & Polling Indonesia atau SPIN, menunjukkan sebagian besar pemilih muda mengarahkan pilihannya kepada pasangan calon atau paslon capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka, pada Pilpres 2024.

Baca Juga :

Ketua TKN Tanggapi Santai Isu Koalisi 01 dan 03 jika Pilpres 2024 Dua Putaran

Direktur eksekutif SPIN, Igor Dirgantara menyebut Prabowo-Gibran unggul di kategori pemilih muda. Mereka meraih angka dukungan rata-rata 50 persen pada Gen Z, Gen Y atau milenial dan Gen X. 

“Untuk Gen Z, Gen Y dan Gen X, Prabowo unggul,” kata Igor melalui daring, Senin 15 Januari 2024. 

Baca Juga :

Mahfud MD Desak 93 Pegawai KPK yang Diduga Terlibat Pungli Rutan Ditangkap

Debat Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Adapun pada Gen Z, Prabowo-Gibran meraih dukungan hingga 51,4 %. Sementara pada Gen Y, paslon yang diusung oleh Koalisi Indonesia Maju atau KIM, itu meraih suara sebanyak 52,3 %. Serta ada 47,9 % dukungan datang dari Gen X. 

Baca Juga :

Aktivis, Alumni hingga Mahasiswa Trisakti Dukung Prabowo-Gibran, Ini Alasannya

Igor menjelaskan, bahwa pemilih muda terutama Gen Y yang lahir pada 1981-1996 dan Gen Z yang lahir dalam kurun 1997-2012 merupakan generasi yang lebih senang membicarakan masa depan. 

“Jadi pemilih muda ini, terutama Gen Z, first time voter, atau Gen Y, milenial ini generasi move on. Mereka tidak senang bicara masa lalu,” kata Igor. 

Igor menambahkan karena fokus pada masa depan, para pemilih muda akan lebih tergugah dengan program kerja para capres yang mendukung hidup mereka ke depan. 

“Mereka lebih senang masa depan, jadi program Prabowo-Gibran untuk menciptakan lapangan pekerjaan, minum susu gratis, makan gratis lebih bisa diterima,” kata Igor. 

Baca Juga  Pedagang Pasar Asemka Ngeluh Omzet Anjlok Gara-gara TikTok Shop, Zulhas: Kita Atur

Selain itu, SPIN juga memotret trend elektabilitas Prabowo-Gibran  terus melonjak sepanjang periode survei, yakni 8-14 Januari 2024. Mereka meraih dukungan hingga 50,9 %. Sementara posisi kedua ada Ganjar Pranowo – Mahfud MD yang meraih elektabilitas sebesar 23,5 % dan disusul Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dengan porelahan elektabilitas sebanyak 18,7 %.

Halaman Selanjutnya

Igor menambahkan karena fokus pada masa depan, para pemilih muda akan lebih tergugah dengan program kerja para capres yang mendukung hidup mereka ke depan. 

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *