Simulasi 3 Pasangan, Prabowo-Gibran Unggul Usai Pendaftaran ke KPU

Berita105 Dilihat

Selasa, 31 Oktober 2023 – 16:55 WIB

Jakarta – Survei terbaru Polling Institute merilis temuan terbarunya terkait dinamika menuju Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Salah satu temuannya terkait ‘Peta persaingan elektoral capres-cawapres dan parpol pasca penutupan pendaftaran KPU’.

Baca Juga :

Gus Yahya Sebut Yenny Wahid Harus Mundur dari PBNU Jika Masuk TKN Ganjar-Mahfud

Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim menjelaskan dalam kontestasi menuju Pilpres 2024, ada tiga pasangan bakal capres dan cawapres usai mendaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

Dari hasil survei terbaru Polling Institute, dukungan untuk duet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming tetap unggul ketimbang dua pasangan rivalnya yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Baca Juga :

Cegah Penyalahgunaan Wewenang, Pejabat Negara yang Jadi Timses Disarankan Cuti

Tes Kesehatan Capres Prabowo Subianto dan Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Kennedy menuturkan, dalam simulasi tiga pasangan para responden diajukan pertanyaan  ‘Jika Pemilihan Presiden diadakan sekarang, siapa yang akan ibu/bapak pilih sebagai Presiden di antara pasangan nama berikut ini?’ 

Baca Juga :

Pesan Gus Yahya ke Prabowo, Anies dan Ganjar: Takutlah kepada Tuhan dan Sayangi Rakyat

“Pada simulasi tiga pasangan, saat ini Prabowo-Gibran 36,2 persen, Ganjar-Mahfud 32,8 persen, dan Anies-Muhaimin 21 persen. Tidak menjawab 10,1 persen,” kata Kennedy Muslim paparannya secara daring, Selasa, 31 Oktober 2023.

Dalam survei Polling Institute juga ada temuan jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran. Kennedy bilang duet Prabowo-Gibran jadi pasangan yang paling banyak mendapat dukungan. 

Kata dia, merujuk data survei, Prabowo-Gibran menang atas Anies-Muhaimin.

“Jika head to head dengan Anies-Muhaimin, elektabilitas Prabowo-Gibran lebih tinggi, mencapai 46,1 persen. Sebaliknya, Anies-Muhaimin sekadar 25,5 persen,” ujar Kennedy. 

Pun, saat yang sama, Polling Institute menemukan simulasi 2 pasangan dalam survei yaitu Prabowo-Gibran berhadapan langsung dengan Ganjar-Mahfud. Menurut Kennedy, dukungan untuk Prabowo-Gibran berada di angka 48,9 persen. 

Sementara, menurut dua, duet Ganjar-Mahfud meraup 34,3 persen. “Tidak menjawab 16,8 persen,” sebut Kennedy.

Survei terbaru Polling Institute dilakukan dalam rentang waktu 25-28 Oktober 2023. Sebanyak 1.207 responden dilibatkan melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). Margin of error survei diperkirakan sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Halaman Selanjutnya

Kata dia, merujuk data survei, Prabowo-Gibran menang atas Anies-Muhaimin.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *