Siapkan Menu Sehat untuk Sahur dan Buka, Begini Cara Simpan Sayuran Agar Awet Segar

Berita24 Dilihat

Sabtu, 16 Maret 2024 – 09:00 WIB

JAKARTA  – Menu makanan untuk sahur dan berbuka di bulan Ramadhan, biasanya dipilih yang paling praktis sehingga bisa menghemat waktu untuk membuat aneka jajanan atau minuman lainnya. Tetapi, perlu diperhatikan juga asupan gizi harian yang diperlukan seperti hari-hari biasanya. Salah satunya yang wajib ada dalam daftar menu adalah sayuran.

Baca Juga :

Tips Food Preparation Buat Ramadhan, Begini Cara Simpan Bahan Protein yang Benar

Untuk menghemat waktu masak, food preparation atau persiapan menyimpan makanan jadi alternatif yang sangat disarankan. Namun, untuk menyimpan sayuran di kulkas agar awet dan tetap segar perlu dilakukan dengan cara yang benar.

“Food preparation nggak asa simpan sayuran. Perlu tahu tekniknya, karena kalau asal simpan nanti sayurannya akan cepat busuk. Otomatis nggak bisa dimasak dan malah terbuang,” jelas Alun Rahmadani, Cooking Enthusiast, baru-baru ini.

Baca Juga :

Bun! Food Preparation Penting Buat Siapin Buka dan Sahur Selama Ramadhan, Begini Caranya

Beriktut ini adalah tips food preparation untuk sayuran agar awet segar di dalam kulkas.

Baca Juga :

Bisa Tingkatkan Libido, Konsumsi Buah Ini Bikin Urusan Ranjang Jadi Makin Erotis

1. Pilih sayuran yang masih segar

Pastikan membeli sayuran di pasar atau supermarket yang masih dalam kondisi segar supaya bisa disimpan lebih lama.

2. Pastikan sayuran tidak basah

Untuk menyimpan sayuran di dalam kulkas, pastikan sayuran dalam kondisi yang kering atau tidak dicuci terlebih dahulu.

3. Buang bonggol atau petik sayuran hijau

Untuk kangkung dan bayam, boleh dipetik terlebih dahulu sebelum disimpan di wadah. Sedangkan untuk sawi atau selada dengan batang yang tebal, hilangkan terlebih dahulu bagian bonggolnya, atau dibungkus dengan tisu.

Baca Juga  Keluarga Brigadir J Pertimbangkan Ajukan Restitusi

4. Buang batang sayuran jenis buah

Sayuran berjenis buah seperti terong, wortel, cabai, dan lainnya, harus dihilangkan bagian batangnya karena di bagian batang lah proses pembusukan akan cepat terjadi.

5, Letakkan ke dalam food kontainer

Sebelum menyimpan sayuran, pastikan food container atau wadah yang digunakan diberi alas tisu, kertas, atau kain. Lalu tutup rapat jangan sampai ada udara yang masuk karena akan mempercepat proses pembusukan.

“Alas food container bisa pakai tisu atau kain yang mudah menyerap air. Biasanya yang berbahan katun dan jangan pakai tisu yang berbau,” jelas Alun.

6. Simpan ke dalam lemari pendingin

Sayuran yang disimpan ke dalam kulkas juga perlu diperhatikan secara berjangka. Setiap kulkas punya ketahanan tersendiri sehingga alas tisu yang dipakai untuk food container perlu sering diganti.

“Biasanya masing-masing kulkas punya ketahanan yang beda-beda. Kulkas satu pintu cenderung lebih cepat mengembun. Kalau alasnya sudah basah, bisa diganti. Tapi kalau tisu dapur bisa tahan seminggu, kalau facial tisu bisa 3 harian aja,” tambahnya

Halaman Selanjutnya

2. Pastikan sayuran tidak basah



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *