Sengkarut PPDB, Anies Ibaratkan Beli Obat Sakit Panas

Berita192 Dilihat

Jakarta: Bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menyoroti masalah yang terjadi saat penerimaan peserta didik baru (PPDB). Dia mengibaratkan obat sakit panas.
 
“Kita jangan hanya membereskan gejala, kalau kita sakit panas, kita beli Panadol, insyaallah gejalanya hilang, pakai Paracetamol, ya bodrex juga boleh dah. Paracetamol lebih isinya, isi Paracetamol untuk menghilangkan gejala. Apakah penyakitnya hilang? Tidak, infeksinya harus diobati, baru kemudian suhu tinggi itu bisa turun. Nah kita ingin problem ini dibereskan,” kata Anies dalam pidatonya di akun YouTube Agus Yudhoyono, Minggu, 6 Agustus 2023.
 
Menurut Anies, akar masalah dari sengkarut PPDB karena ketersediaan bangku sekolah sejak awal. Dia menuturkan bangku sekolah seperti piramida, yang makin rendah jenjang pendidikannya justru ketersediaannya lebih banyak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Semakin tinggi semakin sedikit dan apa yang terjadi? Anak-anak kita lewat, lepas mereka tidak bisa mendapatkan pendidikan hingga tuntas,” ujar Anies.
 

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menekankan pentingnya memastikan penyetaraan jumlah bangku sejak SD hingga SMA. Sehingga, para peserta didik mendapat jaminan pendidikan hingga tuntas.
 
“Kita bukan hanya ingin membereskan soal PPDB, tapi kita ingin setiap anak Indonesia mendapatkan pendidikan berkualitas hingga tuntas,” tegas Anies.

Eskalator sosial ekonomi

Eks Gubernur DKI Jakarta itu juga mengibaratkan pendidikan sebagai eskalator sosial ekonomi. Eskalator ini, kata Anies, yang mengantarkan anak bangsa mencapai kehidupan yang lebih baik.
 
“Kenapa eskalator? Eskalator tangga berjalan begitu dan dapat di eskalator dia akan terbawa naik ke lantai atas. Dia melangkah ataupun tidak dia akan terbawa ke atas. Eskalator ini harus dibuka untuk semua, jangan sampai hanya untuk sebagian dan seringkali problem ini tidak kita selesaikan dengan tuntas,” ujar Anies.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(AZF)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Diduga Dipicu Korsleting Listrik, Asrama Mako Brimob di Tangsel Terbakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *