Satelit Merah Putih 2 akan Beroperasi Penuh

Berita16 Dilihat

Selasa, 26 Maret 2024 – 14:06 WIB

VIVA Tekno – PT Telekomunikasi Satelit Indonesia (Telkomsat), sebagai penyedia layanan satelit milik Telkom, menyebutkan satelit yang baru diluncurkannya pada awal tahun ini, yaitu Satelit Merah Putih 2, dipastikan dapat beroperasi penuh pada semester II 2024.

Baca Juga :

Starlink Datang, Telkomsat Tak Gentar

“Kami mulai (beroperasi) bertahap, sekitar kurang lebih 40 persen capacity akan siap di semester I atau mulai bulan April. Kemudian, capacity berikutnya akan ready sepenuhnya di semester kedua,” kata Direktur Pengembangan Bisnis Telkomsat Anggoro Kurnianto Widiawan di Jakarta, Senin malam, 25 Maret 2024.

Satelit Merah Putih 2 merupakan satelit telekomunikasi terbaru dari Telkomsat yang diperuntukkan untuk memenuhi transaksi bussiness to bussiness (B2B) di Indonesia.

Baca Juga :

Gawat! Elon Musk Ngobat

Kehadiran satelit ini menyasar pelaku bisnis VSAT (Very Small Aparture Terminal) Operator yang nantinya konektivitas dari satelit tersebut bisa dirasakan oleh pelanggan dari VSAT Operator tersebut.

Satelit berkapasitas 32 Gbps yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite itu memiliki keunggulan daya cakup yang lebih luas dibandingkan dengan satelit-satelit sebelumnya yang dimiliki oleh Telkom.

Baca Juga :

Rusia Diam-diam Buat Senjata Mematikan, AS Dibuat Melongo

“Dibandingkan dengan satelit-satelit yang kita miliki sebelumnya, user experience yang dialami akan meningkat 10 kali lipat,” ujar Anggoro.

Untuk itu, ia menilai VSAT Operator dapat memanfaatkan konektivitas dari Satelit Merah Putih 2 untuk berbagai sektor bahkan penggunaannya cocok digunakan di laut karena jangkauannya yang andal.

Adapun sebelumnya, satelit itu berhasil diluncurkan ke angkasa menggunakan Roket Falcon-9 milik SpaceX pada 20 Februari 2024 di Cape Canaveral, Florida, AS.

Tak butuh waktu yang terlalu lama, satelit itu menempati orbitnya di 113 Bujur Timur (BT) pada 3 Maret 2024.

Pada 21 Maret 2024, In-Orbit Test atau pengetesan satelit setelah berada di orbitnya dilakukan untuk memastikan sistem pengendali dan juga sistem komunikasi dari Satelit Merah Putih 2 bekerja dengan optimal dalam posisinya di angkasa.

“Kami menunggu hasil-hasil review itu di minggu ini. Sekitar tanggal 27 (Maret) nanti kami akan tetapkan apakah semuanya sudah oke atau tidak. Tapi, so far, masih baik,” kata Anggoro.

Halaman Selanjutnya

Agar dapat memulai operasinya, saat ini Telkomsat sedang menunggu evaluasi In-Orbit Test secara keseluruhan dari Satelit Merah Putih 2 yang dilakukan oleh perusahaan satelit tersebut, yakni Thales Alenia Space.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *