Resmikan Masjid KH Hasyim Asy’ari Ma’had Bahrul Huda, Ini Pesan Wapres

Berita206 Dilihat

Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meresmikan Masjid KH Hasyim Asy’ari Ma’had Bahrul Huda di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Kamis, 10 Agustus 2023. Wapres menuturkan fungsi masjid bagi kaum muslim tidak saja untuk ibadah, tetapi untuk pusat kegiatan kemasyarakatan. 
 
“Rasulullah SAW juga telah memfungsikan masjid secara esensial. Bukan hanya sarana ibadah ritual seperti salat dan baca Al-Qur’an, melainkan juga memakmurkannya dengan dakwah, pendidikan, dan kegiatan sosial,” papar wapres di Tuban, Kamis, 10 Agustus 2023.
 
Masjid, kata Wapres, berperan penting sebagai basis pembangunan peradaban Islam. Dia mengatakan masjid juga tempat untuk menunaikan zakat, kurban, pernikahan, hingga diskusi masalah umat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Harapan saya, eksistensi masjid senantiasa dirawat dan dimanfaatkan sebaik-baiknya,” jelas Ma’ruf.
 
Wapres menilai masjid bisa menjadi basis pembangunan karakter generasi muda Islam yang berwatak keislaman dan keindonesiaan yang kuat. Ia berharap masjid bisa menjadi tempat pengembangan ajaran Islam yang rahmatan lil alamin, dengan menjunjung nilai-nilai moderat, menekankan kesantunan, persaudaraan, serta menghindarkan cara permusuhan dan kebencian.
 
“Jadikan masjid sebagai tempat utama, di mana kedermawanan tumbuh subur dan ekonomi tumbuh makmur, baik lewat penyaluran zakat, infak, dan sedekah, maupun gerakan pemberdayaan ekonomi umat,” ujar dia.

Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Bahrul Huda Kabupaten Tuban Fathul Huda menyampaikan pemilihan nama masjid tersebut diambil dari nama Pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hasyim Asy’ari yang diharapkan bisa diambil berkah dari nama itu. Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menambahkan keberadaan masjid KH Hasyim Asy’ari diharapkan bisa menjadi pusat kegiatan masyarakat serta moderasi beragama.

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(LDS)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Platonic Relationship Beda dengan Hubungan Romantis? Begini Artinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *