Pelabuhan Merak Bakal Ditutup Saat Nataru Jika Terjadi Cuaca Buruk

Berita81 Dilihat

Selasa, 19 Desember 2023 – 18:30 WIB

Banten –  Jika terjadi cuaca buruk yang mengakibatkan kapal tidak bisa berlayar, maka Pelabuhan Merak akan ditutup. Standar Operasional Prosedur (SOP) telah ditentukan, kebijakan penutupan sementara pelabuhan bakal dikeluarkan oleh BPTD Banten.

Baca Juga :

Jalan Tol Cipali Siap Hadapi Lonjakan Arus Mobil saat Libur Nataru

“Ketika cuaca dinyatakan bahwa sudah tidak memungkinkan untuk pelayaran, maka saya selaku kepala BPTD akan maklumat penutupan sementara,” ujar Benny Nurdin Yusuf, Kepala BPTD Banten, Selasa, 19 Desember 2023

Pelabuhan Penyeberangan Merak

Baca Juga :

Menhub Budi Karya: Pengamanan Libur Nataru Tak Seseru Mudik Lebaran

Jika terjadi penutupan Pelabuhan Merak karena cuaca buruk, rest area di KM 43 dan KM 68, kemudian Jalan Cikuasa Atas, bakal dijadikan kantung parkir. Patokan penutupan Pelabuhan Merak karena cuaca buruk, berdasarkan rekomendasi dari BMKG. 

“Jadi ketika ada dari BMKG datang ke kami, flownya jalan semua, berbuat apa, kita akan susun semua, sudah kita rapatkan. Dan khusus penutupan dermaga sendiri kita sudah punya SOP,” terangnya.

Baca Juga :

Buka Posko Pusat Angkutan Nataru, Menhub Budi Wanti-wanti Ini

Dermaga 1 Pelabuhan Merak telah siap dijadikan Dermaga Eksekutif kedua yang akan melayani penumpang menyebrangi Selat Sunda. Total, ada sembilan kapal yang akan labuh dan sandar. Sedangkan di Dermaga Eksekutif pertama, ada enam kapal yang melayani penyebrangan.

Kondisi Pelabuhan Merak H-1 Lebaran

Kondisi Pelabuhan Merak H-1 Lebaran

Photo :

  • VIVA / Yandi Deslatama (Serang)

Saat ini masih berstatus fungsional, sembari penyelesaian kesepakatan bisnis antara PT ASDP Indonesia Ferry dengan operator kapal.

“Jadwalnya sudah kita susun, sirkulasinya masih menggunakan sirkulasi lama, tapi kapal dan dermaganya sudah dimanfaatkan, karena masih sifatnya fungsional. Tarifnya juga masih diatur kembali, dalam waktu dekat dari PT ASDP sudah selesai, baru kita runningkan semua,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya

Saat ini masih berstatus fungsional, sembari penyelesaian kesepakatan bisnis antara PT ASDP Indonesia Ferry dengan operator kapal.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *