PBNU Buka Suara soal Seruan Gus Ipul Jangan Pilih Capres Didukung Abu Bakar Ba’asyir

Berita160 Dilihat

Kamis, 18 Januari 2024 – 17:57 WIB

Jakarta – Ketua umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya turut memberikan respons terkait pernyataan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang mengajak kepada warga Nahdlatul Ulama (NU) untuk tidak mengikuti memilih calon presiden (Capres) yang didukung Ustaz Abu Bakar Ba’asyir. Menurut Gus Yahya, pernyataan yang keluar dari mulut Gus Ipul tersebut merupakan sikap pribadi.

Baca Juga :

Arsjad Rasjid: Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud Dimulai dari Bandung dan Sidoarjo

“Kalau soal Pak Saiful Itu merupakan pernyataan pribadi ya. Walaupun orang bisa setuju ataupun tidak setuju, saya juga bisa setuju ataupun tidak setuju, itu pernyataan pribadi, bukan pernyataan atas nama lembaga, silakan saja,” ujar Gus Yahya di gedung PBNU, Jakarta Pusat pada Kamis 18 Januari 2024.

Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya (Tengah)

Baca Juga :

Jokowi dan Prabowo Gabung jadi Alasan Pilpres 2024 Satu Putaran

Menurutnya, tidak akan ada teguran dari PBNU untuk Gus Ipul. Sebab, pernyataan dari Gus Ipul merupakan pernyataan bersifat pribadi dan setiap orang berhak mengemukakan pendapatnya.

“Wong pernyataan pribadi ko, pernyataan pribadi silakan saja. Semua orang bisa membuat pernyataan pribadi, gitu. Jadi yang lain-lain yang mau membuat pernyataan yang berbeda dengan itu juga tidak masalah, namanya pernyataan pribadi, nggak masalah,” kata dia.

Baca Juga :

Janji Anies, Beri Hadiah ke Pemburu Koruptor

“Walaupun ya apa namanya isinya mungkin mewakili aspirasi banyak warga NU tapi pribadi, itu pribadi. Makanya kita ko nggak mempersoalkan orang mau dukung ini, mendukung itu, silakan saja, tapi tidak melibatkan lembaga, tidak mengatasnamakan lembaga,” imbuhnya.

Diketahui, kalau Gus Ipul menyatakan bahwa warga NU tak boleh ikut mendukung salah satu paslon yang juga didukung oleh Abu Bakar Ba’asyir. Ada sejumlah alasan mengapa Gus Ipul memberikan imbauan tersebut.

Gus Ipul mengatakan, memang, warga NU merupakan umat Islam. Namun muslim di Indonesia hidup berdampingan dengan agama lain. Untuk itu, Gus Ipul tak sependapat dengan pernyataan Abu Bakar Ba’asyir.

Selain itu, Gus Ipul mengaku prihatin dengan tim sukses salah satu calon yang mengembangkan wacana-wacana tak baik.

Halaman Selanjutnya

Source : istimewa/Nur Faishal

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *