Menguncir Rambut Terus-Menerus Bisa Merusak Rambut, Ini 5 Bahayanya

Berita130 Dilihat

Kamis, 28 September 2023 – 08:08 WIB

Jakarta – Menguncir rambut adalah pilihan gaya yang umum dilakukan oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin menjaga rambut tetap rapi dan teratur. Namun, tahukah kamu bahwa ada risiko kesehatan yang terkaitdari kebiasaan sering menguncir rambut?  Pada kali ini, akan dibahas lebih dalam tentang lima bahaya yang dapat timbul ketika kamu selalu menguncir rambut serta bagaimana cara mengurangi risiko tersebut. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Baca Juga :

Kuku Gampang Patah? Ini 5 Penyebabnya, Wajib Tahu!

Baca Juga :

Percepat Proses Layanan, Pay Later Atome Gandeng CBI Nilai Risiko Kredit

Salah satu bahaya utama menguncir rambut secara teratur adalah membuat rambut menjadi lebih mudah patah dan rapuh. Tegangan yang diberikan pada rambut saat dikepang atau diikat erat dapat merusak helai rambut dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

2. Kerontokan Rambut

Baca Juga :

Jangan Abai, Ini 9 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi dalam Kondisi Mentah

Rambut rontok

Jika kamu selalu menguncir rambut dengan kencang, terutama dalam jangka waktu yang lama, bisa menyebabkan kerontokan rambut. Akar rambut yang tertarik kuat dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut rontok.

3. Kerusakan Skalp

Ilustrasi rambut rontok

Selain merusak rambut, menguncir rambut terlalu ketat juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit kepala. Ini bisa berujung pada rasa sakit, peradangan, dan bahkan infeksi pada kulit kepala.

4. Penipisan Rambut

Ilustrasi rambut/wanita.

Penggunaan terlalu sering gaya menguncir rambut yang ketat dapat menyebabkan penipisan rambut di area di mana rambut sering diikat. Hal ini sering disebut sebagai “alopasia mekanis,” dan bisa menyebabkan penipisan permanen pada rambut.

Ilustrasi rambut dikuncir

Ilustrasi rambut dikuncir

Terlepas dari dampak jangka panjangnya, menguncir rambut terlalu ketat juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan sehari-hari. Rasa sakit atau tegang pada kulit kepala dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Juga  80 Persen Penyebab Perceraian Hingga Jangan Tidur Dalam Keadaan Junub

Bagi banyak orang, menguncir rambut adalah kebiasaan yang sulit dihindari. Namun, untuk mengurangi risiko terkait, ada beberapa langkah yang bisa kamu ambil seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan untuk tidak menguncir rambut terlalu ketat, gunakan aksesori rambut yang lembut, dan berikan istirahat pada rambutmu dengan merelaksasikan gaya tersebut sesekali. Selain itu, selalu pertimbangkan kesehatan rambut dan hindari kebiasaan yang dapat merusaknya.

Halaman Selanjutnya

3. Kerusakan Skalp

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *