Makhluk Langit Akan Menyapa Umat Muslim di Hari Pertama Puasa Ramadan

Berita22 Dilihat

Minggu, 10 Maret 2024 – 09:40 WIB

VIVA Tekno – Maret 2024 akan menjadi istimewa. Karena, beberapa fenomena langit yang menarik diperkirakan terjadi bulan ini.

Baca Juga :

Diklaim Presisi dalam Pengamatan Hilal, Maroko Sebut 1 Ramadhan 2024 Jatuh pada 12 Maret

Mulai dari Bulan sabit termuda (hilal), sebagai penanda awal Ramadan 1445 Hijriah sampai kedatangan Asteroid 2024 DAI.

Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah pada Minggu hari ini, 10 Maret 2024.

Baca Juga :

Muhammadiyah Usul Sidang Isbat Dihapus, NU Akan Protes kalau secara Tiba-tiba

Keputusan sidang isbat akan diambil mengacu hasil pantauan atau rukyatul hilal yang digelar di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Sedangkan, Pengurus Pusat atau PP Muhammadiyah sebelumnya sudah memutuskan penetapan 1 Ramadan pada Senin besok, 11 Maret 2024.

Baca Juga :

KAI Tambah 16 Kereta Jarak Jauh di Long Weekend Nyepi dan Awal Ramadan, Catat Rute-rutenya

Hilal adalah Bulan sabit termuda yang menjadi penentu bagi awal bulan kalender Ramadan (bulan kesembilan) dalam kalender 1445 Hijriah.

Di Indonesia diperhitungkan akan setinggi negatif 0,5 derajat hingga positif 0,5 derajat pada saat Matahari terbenam. Nah, uniknya, pada hari pertama puasa Ramadan atau 11 Maret, Bumi akan dilewati ‘makhluk’ langit.

Yang dimaksud makhluk langit di sini bukan alien atau sejenisnya, melainkan Asteroid 2024 DAI. Benda luar angkasa tersebut memiliki diameter 49 meter dan tergolong asteroid dekat-Bumi kelas Apollo sehingga memiliki orbit yang bisa bersinggungan dengan orbit Bumi.

Halaman Selanjutnya

Source : SWNS



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *