Korban Dugaan Pelecehan Seksual oleh Rektor Nonaktif UP Mengaku Trauma Lihat Gedung Kampus

Berita33 Dilihat

Sabtu, 2 Maret 2024 – 13:46 WIB

Depok – RZ (42) korban pelecehan seksual di kampus Universitas Pancasila (UP) Jakarta akhirnya buka suara. Saat ini dia mengaku mengalami trauma dan kecemasan.

Baca Juga :

Polisi Terjunkan 2.025 Personel Amankan Konser Ed Sheeran Hari Ini

RZ merupakan satu dari dua korban yang diduga menjadi korban pelecehan yang dilakukan oleh Rektor UP nonaktif Prof. Edie Toet Hendratno (ETH). Selain RZ, ada korban lain yaitu DF. Keduanya sama-sama membuat laporan ke Polda Metro Jaya.

RZ menuturkan, dirinya menjadi tidak percaya diri dan ketakutan jika lewat depan kampus UP di Jalan Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Dia pun saat ini menutup diri untuk bersosialisasi. “Lebih menutup diri, nggak banyak keluar, berinteraksi hanya kepada orang yang kenal aja,” kata RZ, Sabtu, 2 Maret 2024.

Baca Juga :

Viral, Seorang Wali Kota Mundur Setelah Terima Tuduhan Pelecehan Seksual

Ilustrasi pelecehan seksual

Ibu dua anak itu menceritakan banyak ketakutan yang dialami setelah mendapat perlakuan tak senonoh. Terlebih saat ini kasusnya viral dan menjadi perhatian banyak kalangan. “Kalau lihat kampus di Srengseng jadi males, rasanya cemas, udah males. Trauma lihat kampus Srengseng, kayak merasa sendiri dengan perlakuan-perlakuan yang nggak adil,” ujarnya.

Baca Juga :

ICW Desak Kapolri Evaluasi Irjen Karyoto Perihal Kasus Firli Bahuri yang Mandek

RZ menceritakan, dirinya mengalami ketakutan berlebih. Selain menutup diri, dia juga tidak berani keluar rumah sendirian. Dia selalu minta ditemani oleh orang lain. Keperluannya keluar rumah saat ini hanya untuk menjalani rangkaian pemeriksaan untuk memperkuat laporannya di kepolisian.

Untuk kembali bekerja dia mengaku belum percaya diri. “Kebetulan aku cuti kemarin. Kalau masuk gimana nanti ketemu banyak orang, rasanya sudah malas,” ujarnya dengan nada pelan.

Baca Juga  Pameran Riset dan Inovasi 2023, dari ASI Bubuk hingga Bus Listrik

Trauma itu membuat RZ mengalami penurunan kondisi kesehatan. Dia mengaku sedang tidak sehat saat ini setelah menjalani beberapa tahapan pemeriksaan. “Yang pasti aku capai, lelah. Fisik juga berpengaruh,” katanya.

Terpisah, Kuasa Hukum RZ, Amanda Mathovani membenarkan kondisi RZ mengalami trauma. Kesehatannya juga agak turun saat ini. “Untuk kondisi para korban mengalami kecemasan dan traumatis,” katanya.

RZ sudah melakukan pemeriksaan forensik psikiatri di RS Polri. Dia juga menjalani pemeriksaan di Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Hasil tes sudah keluar namun langsung diberikan kepada polisi. “Forensik psikiatri di RS Polri dan P3A. Hasilnya langsung diserahkan ke polda,” ujarnya.

Rektor Nonaktif UP Bantah Tuduhan

Rektor nonaktif Universitas Pancasila (UP), Edie Toet Hendratno (ETH), membantah apa yang dituduhkan padanya. Ia menegaskan tidak melakukan hal tersebut. “Enggak dong itu enggak dong,” katanya, Kamis, 29 Februari 2024.

Edie menjelaskan bahwa dirinya malu hingga merasa terhina ketika dituding melakukan dugaan pelecehan. “Mungkin bapak dan ibu enggak bisa menggambarkan kesedihan saya, malu saya, dan sedih saya. Karena apa? Selama saya mengabdi di dunia pendidikan baru sekali ini saya dihina,” ujar Edie.

Edie menyebutkan, perihal dugaan pelecehan yang dituduhkan kepada dirinya itu adalah pembunuhan karakter untuknya selama dirinya menjabat sebagai pimpinan sebuah kampus. “Padahal, seorang dosen atau guru orang yang betul menjaga etika dan budi. Saya sangat malu di depan semua orang. Makanya saya pakai topi,” ucap Edie.

“Selama 2 bulan ini saya mendapat hinaan, cercaan, tuduhan yang sangat tidak beretika dan itu tidak saya lakukan sama sekali,” kata Edie.

Edie juga menyebutkan, peristiwa yang menimpa dirinya tidak pernah terpikirkan sedikit pun. Bahkan, saat ini nama baik Edie tengah dipertaruhkan karena dituding melakukan pelecehan seksual. “Nama baik saya dipertaruhkan. Bukan nama baik saya yang hancur, prestasi loyalitas saya tiba-tiba harus lenyap,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya

Trauma itu membuat RZ mengalami penurunan kondisi kesehatan. Dia mengaku sedang tidak sehat saat ini setelah menjalani beberapa tahapan pemeriksaan. “Yang pasti aku capai, lelah. Fisik juga berpengaruh,” katanya.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *