Konflik Timur Tengah Meluas ke Lebanon, 3 Militan Hizbullah Dibunuh Israel

Berita109 Dilihat

Selasa, 10 Oktober 2023 – 15:14 WIB

Beirut – Pengeboman oleh Israel di Lebanon menewaskan sedikitnya tiga militan Hizbullah pada Senin 9 Oktober 2023. Israel mengatakan seorang perwiranya tewas dalam serangan lintas batas sebelumnya yang diklaim dilakukan warga Palestina di Lebanon.

Kekerasan lintas batas membuat  konflik antara Israel dan militan Palestina di Gaza meluas signifikan hingga perbatasan Israel-Lebanon yang terletak lebih jauh ke utara. Hizbullah yang didukung Iran terlibat perang brutal melawan Israel selama sebulan pada 2006.

Baca Juga :

Jokowi soal Palestina dan Israel yang Memanas: Hentikan Perang dan Kekerasan!

VIVA Militer: Milisi Hizbullah Lebanon

Hizbullah mengatakan bahwa tiga anggotanya terbunuh dalam “agresi” Israel di Lebanon selatan Senin sore. Dua sumber keamanan Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa dua lagi anggota Hizbullah tewas.

Israel memborbardir Lebanon selatan setelah serangan lintas batas yang diklaim oleh kelompok Jihad Islam Palestina. Tentara Israel mengatakan serdadu-serdadunya yang didukung helikopter menewaskan sedikitnya dua pria bersenjata yang melintasi perbatasan.

Pihak militer Israel kemudian mengatakan bahwa wakil komandannya yang bernama Letnan Kolonel Alim Abdullah, tewas dalam bentrokan tersebut, tetapi  mereka tidak membeberkan lebih jauh. Hizbullah dan Israel saling melancarkan serangan sporadis di perbatasan sejak 2006 sambil menghindari konflik besar. Kedua pihak baku tembak artileri dan roket pada Minggu (8/10).

Beberapa penduduk Lebanon selatan mengaku sudah meninggalkan rumah di sepanjang perbatasan dengan Israel pada Senin di tengah tembakan besar-besaran yang sejauh ini menghantam pinggiran kota dan desa.

Baca Juga :

Intelijen Mesir: Kami Sudah Ingatkan Israel Akan Diserang, Namun Mereka Anggap Remeh

Kantor berita resmi Lebanon melaporkan lalu lintas padat di jalan-jalan utama karena orang-orang meninggalkan daerah perbatasan dan sekolah-sekolah di daerah tersebut akan tetap tutup Selasa.

Baca Juga  Wuling BinguoEV Laris bak Kacang Goreng

Serangkaian insiden selama beberapa bulan terakhir telah meningkatkan risiko eskalasi di sepanjang perbatasan Lebanon-Israel sebelum pertempuran meletus di Israel dan Gaza.

Serangan roket Israel di Gaza.

Serangan roket Israel di Gaza.

Baca Juga :

Situasi Memilukan di Jalur Gaza, Rumah Sakit Indonesia Kena Bom hingga Kewalahan Tampung Mayat

Gabi Hage, ayah tiga anak yang memiliki sebuah rumah di Lebanon dekat perbatasan menggambarkan peristiwa bombardir hebat di dekatnya. “Rumah kami dekat sekali dengan perbatasan, jadi kami berangkat dan turun ke desa. Semua tetangga saya juga melakukan hal yang sama,” kata dia.

Konsulat Perancis di Lebanon meminta warga negaranya  menunda perjalanan ke Lebanon selatan. Inggris juga mengatakan ketegangan sedang tinggi dan situasi sewaktu-waktu bisa meningkat. (Ant/Antara)

Dubes Palestina Bersama Sekjen PDIP

Bawa Pesan Megawati, Hasto Kembali Tegaskan Indonesia Dukung Palestina

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan dukungan Indonesia pada Palestina, saat Jalur Gaza atau kantong-kantong masyarakat di wilayah itu digempur oleh Israel.

img_title

VIVA.co.id

10 Oktober 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *