Itu Ditangani Cawapres Anda, Apalagi yang Mau Ditanya?

Berita88 Dilihat

Selasa, 12 Desember 2023 – 22:25 WIB

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, memberikan jawabannya saat Ganjar Pranowo menyinggung sejumlah kasus pelanggaran HAM berat yang terjadi di Indonesia. Prabowo mengatakan, persoalan pelanggaran HAM berat itu sebenarnya pernah ditangani Mahfud MD yang saat ini menjadi Cawapres Ganjar.

Baca Juga :

Jawab Prabowo, Ganjar Ungkap Strateginya Atasi Pengangguran di Indonesia

“Pak Ganjar, tadi justru Anda sebut tahun 2009 kan? jadi sekian tahun yang lalu kan? dan masalah ini ditangani justru oleh wakil presiden anda, jadi apalagi yang mau ditanyakan kepada saya,” kata Prabowo, Selasa, 12 Desember 2023

Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto

Baca Juga :

Nonton Debat Capres 2024, Kirana Larasati Pakai Bando Gambar Prabowo-Gibran

Prabowo juga mengatakan, isu pelanggaran HAM berat itu memang selalu muncul saat dirinya maju menjadi Capres. Prabowo juga mengungkapkan bahwa dirinya sidah sering menjelaskan mengenai persoalan HAM berat ini.

“Saya sudah menjawab berkali-kali, ada rekam jejak digitalnya, saya sudah jawab berkali-kali. Tiap 5 tahun, kalau polling saya naik ditanya lagi soal itu. Bapak tahu data nggak, Bapak tanya ke Kapolda, tahun ini berapa orang hilang di DKI, tahun ini,” kata Prabowo

Baca Juga :

CEK FAKTA PILPRES 2024: Anies Baswedan Sebut Pembangunan IKN Hanya untuk ASN, Bukan Rakyat

“Ada mayat yang diketemukan, baru berapa hari yang lalu dan sebagainya Come on Mas Ganjar,” tambah Prabowo

Mantan Danjen Kopassus itu mengklaim menjadi sosok yang paling keras memperjuanhkan HAM. Dia juga menyebut banyak tahanan politik yang dulu disebut diculik olehnya namun kini berada di pihaknya dan mendukungnya jadi Presiden.

“Jadi saya tadi katakan, Saya merasa bahwa saya yang sangat keras membela hak asasi manusia. Nyatanya orang-orang yang dulu ditahan, tapol-tapol, yang katanya saya culik sekarang ada di pihak saya membela saya, Jadi masalah HAM jangan di politisasi Mas Ganjar,” kata Prabowo.

Baca Juga  Knowing More 8 Indonesian Batik Patterns and Their Meanings

Seperti diketahui, KPU RI menggelar debat untuk menggali gagasan para Capres-Cawapres jika nanti terpilih sebagai pemimpin bangsa. Pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. 

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. 

Lima kali helatan debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta. Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. 

Debat Capres-Cawapres Pertama

Debat Capres-Cawapres Pertama

Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga. 

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan. 

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa. 

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi. 

Halaman Selanjutnya

“Jadi saya tadi katakan, Saya merasa bahwa saya yang sangat keras membela hak asasi manusia. Nyatanya orang-orang yang dulu ditahan, tapol-tapol, yang katanya saya culik sekarang ada di pihak saya membela saya, Jadi masalah HAM jangan di politisasi Mas Ganjar,” kata Prabowo.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *