Ini Dia 9 Tips Mudah Memulai Berkebun di Rumah

Berita36 Dilihat

VIVA Lifestyle – Berkebun, suatu kegiatan yang semakin diapresiasi oleh sebagian orang sebagai pilihan untuk memulai hobi baru. Saat ini, memasuki dunia berkebun bagi pemula bukanlah tantangan yang sulit, berkat kemudahan akses informasi melalui media sosial.

Baca Juga :

Geger Rumah Dukun Santet di Tangsel Digeruduk Warga, Foto Ditusuk hingga Senpi Ilegal Ditemukan

Dewa Wiradipta, sebagai pendiri Infarm, menjelaskan bahwa media sosial mereka secara khusus difokuskan untuk berbagi tips dan konten seputar dunia berkebun. Konten-konten tersebut mencakup manfaat berkebun, tips praktis, ide kreatif dalam menanam, dan cara memulai berkebun, khususnya bagi pemula. Scroll lebih lanjut ya.

“Sosial media infarm sering membagikan konten tentang manfaat berkebun, tips praktis dan ide-ide kreatif menanam, cara memulai berkebun untuk pemula,” ungkap Dewa Wiradipta.

Baca Juga :

Ada 76 Rumah Rusak Akibat Tanah Bergerak di Brebes Jawa Tengah

Dalam upayanya mendukung pertumbuhan kegiatan berkebun di masyarakat, Dewa menyampaikan sembilan tips untuk pemula yang ingin memulai perjalanan berkebun dengan mudah, bahkan dapat dilakukan di rumah masing-masing.

1. Pemilihan Lokasi yang Terpapar Sinar Matahari Secukupnya (6-8 Jam)

Baca Juga :

Gus Samsudin Sewa Rumah Rp200 Ribu untuk Syuting Aliran Sesat Mulai Malam hingga Subuh

Dewa menekankan pentingnya lokasi yang mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup sebagai faktor penentu pertumbuhan tanaman yang subur. Setidaknya, tanaman membutuhkan 4-8 jam sinar matahari setiap hari.

“Tempatkan tanaman di lokasi yang mendapat sinar matahari cukup, minimal 4-8 jam sehari,” jelas Dewa.

2. Memastikan Tanah Subur dengan Drainase yang Baik

Faktor drainase atau pengairan menjadi kunci keberhasilan dalam memiliki lahan berkebun yang subur, terutama ketika menanam berbagai jenis tanaman. Dewa menekankan bahwa tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik akan mendukung pertumbuhan tanaman. 
“Tanah yang subur dan memiliki drainase yang baik akan membantu pertumbuhan tanaman,” katanya.

Baca Juga  Viral Nostalgia Nutrisari Botol Kaca

3. Pemilihan Tanaman yang Mudah Tumbuh untuk Pemula

Bagi pemula, Dewa menyarankan untuk memulai dengan tanaman yang mudah perawatannya, seperti kangkung dan sawi caisim. Pemilihan tanaman yang mudah tumbuh dapat memberikan kepercayaan diri dan kenyamanan dalam memulai menanam tanaman lainnya.

“Pemula sebaiknya memilih tanaman yang mudah tumbuh seperti kangkung atau sawi caisim,” sarannya.

4. Memilih Benih atau Bibit Berkualitas

Meski masih dalam tahap pemula, Dewa menegaskan bahwa pemilihan benih atau bibit yang berkualitas tinggi merupakan langkah penting untuk hasil yang maksimal. Infarm tidak hanya memberikan tips tetapi juga menyediakan berbagai bibit unggul.

“Pastikan benih atau bibit yang dipilih berkualitas untuk hasil yang maksimal,” ungkap Dewa.

5. Penyiraman yang Tepat

Dewa menyoroti pentingnya penyiraman yang tepat sebagai kunci utama agar tanaman dapat tumbuh subur. Meskipun memiliki drainase yang baik, tanaman membutuhkan air yang cukup.

“Pastikan untuk menyiram tanaman secara teratur, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit,” pesannya.

6. Pemupukan yang Teratur

Dalam dunia berkebun, pemupukan merupakan nutrisi tambahan yang esensial bagi tanaman. Dewa memberikan pengetahuan mengenai pupuk melalui media sosial @Infarm.id, sehingga pemula dapat belajar dengan lebih mudah.

“Jangan lupa berikan pupuk secara teratur untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup, Infarm juga menyediakan Pupuk Organik Cair,” jelas Dewa.

7. Semprot Pestisida Secara Rutin

Selain pupuk, penggunaan pestisida secara rutin juga menjadi faktor penunjang pertumbuhan tanaman yang subur. Dewa menyarankan untuk menyemprot pestisida minimal satu minggu sekali, terutama pada bagian bawah daun tanaman.

8. Konsistensi dalam Perawatan

Seperti halnya hobi lain, berkebun juga membutuhkan komitmen dan konsistensi dalam perawatan. Dewa mengingatkan untuk tidak pernah lelah merawat tanaman setiap hari atau setiap minggu. Keberhasilan dalam berkebun dapat diraih melalui konsistensi dalam perawatan.

Baca Juga  KPK: Perkara Korupsi yang Menyeret Lukas Masih Panjang

9. Bersabar dan Menikmati Proses

Dewa menekankan pentingnya kesabaran dalam berkebun, mengingat hasil maksimal membutuhkan proses.

“Bersabarlah dan nikmati setiap prosesnya,” ucap Dewa. Tujuan Infarm, menurut Dewa, adalah untuk mendorong dan menggerakkan budaya berkebun di kalangan masyarakat melalui inspirasi yang disajikan di media sosial.

Melalui sembilan tips ini, Dewa Wiradipta dan Infarm berharap dapat menjadi panduan yang berguna bagi pemula yang ingin memulai perjalanan berkebun. Dengan berkebun, bukan hanya tanaman yang tumbuh subur, tetapi juga kebahagiaan yang disulam dalam prosesnya.

Halaman Selanjutnya

2. Memastikan Tanah Subur dengan Drainase yang Baik



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *