Inggris Secara Resmi Nyatakan Resesi Ekonomi

Berita51 Dilihat

Jumat, 16 Februari 2024 – 04:47 WIB

Inggris – Inggris kini berada dalam resesi, menurut data resmi yang dikeluarkan pemerintah mereka. 

Baca Juga :

Royal Enfield Luncurkan Motor Bersejarah, Hanya Tersedia 100 Unit

Kantor Statistik Nasional (ONS) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa produk domestik bruto (PDB) Inggris menyusut sebesar 0,3 persen dalam tiga bulan terakhir tahun 2023, setelah mengalami kontraksi 0,1 persen pada kuartal ketiga, melansir laporan Al Jazeera, Jumat, 16 Februari 2024.

Resesi teknis umumnya didefinisikan sebagai penurunan PDB secara berturut-turut.

Baca Juga :

Jangan Terkecoh, Begini Cara Bedakan Berlian Asli dan Sintetis

PM Inggris, Rishi Sunak.

Photo :

  • Daniel Leal/Pool via AP, File)

Pondsterling (mata uang Inggris) telah melemah secara moderat terhadap Dolar Amerika Serikat dan Euro, tak lama setelah rilis data PDB. 

Baca Juga :

5 Bahasa Paling Banyak digunakan di Dunia

ONS mengatakan penurunan PDB pada kuartal keempat tahun 2023 adalah yang terbesar sejak tiga bulan pertama tahun 2021. Jajak pendapat terhadap para ekonom menunjukkan penurunan yang lebih kecil sebesar 0,1 persen pada periode Oktober hingga Desember. 

Output perekonomian turun 0,1 persen secara bulanan di bulan Desember, setelah pertumbuhan 0,2 persen di bulan November, kata ONS. 

Seperti diketahui, perekonomian Inggris mengalami stagnasi selama hampir dua tahun. 

Bank of England awalnya memperkirakan akan ada sedikit meningkat pada tahun 2024, namun pertumbuhan yang lambat pada awal tahun ini masih akan menjadi latar belakang yang sulit bagi upaya Perdana Menteri Rishi Sunak untuk menarik pemilih menjelang pemilu nasional yang direncanakan terjadi pada tahun 2024. 

“Bisnis sudah tidak mempunyai ilusi mengenai kesulitan yang mereka hadapi, dan berita (resesi) ini tidak diragukan lagi akan menjadi peringatan bagi pemerintah Sunak,” kata Alex Veitch, direktur kebijakan dan wawasan di British Chambers of Commerce atau Kamar Dagang Inggris. 

Baca Juga  Selat Muria Mungkin Saja Terbentuk Kembali

“Kanselir harus menggunakan anggarannya dalam waktu kurang dari tiga minggu untuk menetapkan jalur yang jelas bagi pertumbuhan perusahaan dan perekonomian (negara),” lanjutnya. 

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Inggris

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Inggris

Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt mengatakan ada “tanda-tanda perekonomian Inggris mulai membaik dan kita harus tetap berpegang pada rencana, yaitu memotong pajak atas pekerjaan dan bisnis untuk membangun perekonomian yang lebih kuat”. 

Laporan-laporan media mengatakan Hunt sedang berusaha memotong miliaran poundsterling dari rencana belanja publik untuk mendanai pemotongan pajak pra-pemilu dalam anggarannya pada 6 Maret.

Halaman Selanjutnya

Seperti diketahui, perekonomian Inggris mengalami stagnasi selama hampir dua tahun. 

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *