Informasi Publik Jadi Kunci Percepatan Transformasi Digital

Berita196 Dilihat

Jakarta: Pemerintah terus mendorong akselerasi transformasi digital di berbagai sektor. Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, informasi publik menjadi kunci dalam percepatan transformasi digital nasional. 
 
“Kami meyakini, bahwa agenda transformasi digital juga harus didukung oleh fasilitas dan teknologi, penyampaian informasi publik yang memadai serta peningkatan literasi digital masyarakat,” ujarnya dalam Rapat Koordinasi Nasional ke-14 Komisi Informasi se-Indonesia di Kota Mataram, Provinsi NTB, Senin 7 Juli 2023.
 
Menkominfo menyatakan demokrasi yang berlangsung di Indonesia juga makin dinamis dengan adanya perubahan dalam keterbukaan dan kebebasan informasi. Menurutnya, Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menyediakan data dan informasi yang relevan bagi masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Keterbukaan informasi mendukung partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan, memungkinkan mereka untuk berkontribusi dalam proses inovasi, dan mendorong akuntabilitas dari para pembuat kebijakan dan pelaku teknologi,” tuturnya.  
 
Di tengah  kemudahan, kecepatan dan keterbukaaan akses informasi makin meningkat signifikan dari tahun ke tahun, Pemerintah mendorong implementasi keterbukaan informasi yang kuat. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo terus mendorong ketersediaan data dan informasi yang terbuka, mudah diakses, dan dapat dipahami oleh masyarakat.  
 
“Sehingga dapat memanfaatkan potensi positif dari perkembangan teknologi, sambil tetap menjaga kepentingan publik dan meminimalkan risiko yang terjadi,” ungkap Budi.
 
Menkominfo menjelaskan, saat ini Pemerintah mendorong transformasi digital yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan. Menurutnya, transformasi digital yang inklusif berkaitan dengan pembangunan akses infrastruktur digital yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat. 
 
“Sedangkan memberdayakan berarti mampu membawa nilai tambah sekaligus meningkatkan taraf hidup masyarakat tanpa terkecuali. Dan berkelanjutan berarti dijalankan secara berkesinambungan,” jelasnya.
 
Budi menegaskan arti penting revolusi industri 4.0 yang telah mengubah cara hidup, bekerja dan berinteraksi dengan cakupan dan kompleksitas yang begitu cepat berkembang. 
 
“Justru itu, teknologi semakin maju karena tuntutan terhadap transparasi akan semakin penting. Dan dengan adanya kemajuan teknologi ini akan masyarakat semakin terbuka,” tandasnya.
 
Dalam Rakornas ke-14 Komisi Informasi se-Indonesia, Menkominfo didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Usman Kansong.
 
Hadir pula Gubernur NTB Zulkieflimasyah, Ketua KI Pusat Donny Yoesgiantoro, Wakil Ketua KI Pusat Arya Sandhiyudha dan seluruh Komisioner KI Pusat, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja, serta perwakilan anggota Komisi Informasi Daerah dari berbagai provinsi dan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(MMI)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Ledakan di Pabrik Rusia, 52 Orang Dilaporkan Terluka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *