Indonesia Masuk Daftar Negara yang Paling Ditakuti Amerika Serikat, Ini Faktanya

Berita217 Dilihat

Selasa, 9 Januari 2024 – 01:01 WIB

Jakarta – Ada beberapa negara yang ditakuti oleh Amerika Serikat karena memiliki kekuatan militer yang tidak bisa diragukan. Padahal, sudah bukan rahasia lagi bahwa Amerika Serikat dikenal sebagai negara super power atau adidaya yang bahkan mengendalikan dunia. 

Baca Juga :

Pangkoopsudnas Lantik Marsda TNI Donald Kasenda Jadi Kepala Staf Koopsudnas, Ini Profilnya

Bukan hanya menjadi negara maju dalam berbagai sektor, Amerika Serikat juga terkenal dengan kekuatan militernya yang tangguh dan bahkan saking tangguhnya bisa membuat negara lain ketar-ketir. Mereka bahkan sering menduduki peringkat negara terkuat di dunia. 

Meski Amerika Serikat seperti berada di atas angin, namun ternyata Negeri Pam Sam ini juga memiliki ketakutan terhadap beberapa negara, terutama yang berada di kawasan Asia. Nah, berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari berbagai sumber. 

Baca Juga :

Pengadilan Militer Ungkap Fakta Baru Kasus Korupsi Basarnas, Letkol TNI Afri Terima Suap 9,9 Miliar

VIVA Militer: Tentara bayaran Rusia, PMC Wagner Group

Baca Juga :

Ganjar Offers Solutions to Overcome South China Sea Conflicts

Rusia adalah salah satu negara yang dapat mengimbangi pengaruh dan kekuatan militer yang dimiliki oleh Amerika Serikat. Wajar saja apabila Rusia termasuk ke dalam salah satu negara yang ditakuti oleh Amerika Serikat karena kekuatan militernya yang tak boleh diremehkan. 

Saat ini, Rusia memiliki kekuatan militer yang terdiri atas senjata darat berjumlah 22.800 tank, 526 mesin perang angkatan laut, dan memiliki 3.888 kekuatan angkatan udara. Selain itu, negara ini juga memiliki tentara aktif sekitar 766.055 dan tentara cadangan sebanyak 2,48 juta.

Bukan hanya itu, Putin juga menyiapkan 47 juta warganya jika dalam keadaan darurat untuk berperang. Rusia menjalankan  15.398 unit tank, 3.793 unit sistem peluncur roket, 31.298 unis kendaraan tempur lapis baja, 5.972 unit artileri swagerak , an 4.625 berbagai jenis artileri.

China adalah mimpi buruk bagi Amerika Serikat mengenai utang. Selain mempunyai sejumlah utang terhadap China, Amerika Serikat juga takut dengan kekuatan militer Xi Jinping. Sampai saat ini, China memiliki 1.483.000 tentara aktif yang terdiri atas darat, laut, dan udara. 

Angkatan darat china memiliki 8.000 artileri, 7.000 tank modern, 12.000 kendaraan infanteri dan kendaraan lapis baja, 3.000 roket, lebih dari 7.000 sistem anti-tank, lebih dari 2.000 artileri berjenis self-propelled, 15.000 senjata anti-pesawat dan rudal, dan 10.000 mortir.

VIVA Militer: Rudal balistik Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran

VIVA Militer: Rudal balistik Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran

Iran adalah salah satu musuh berat Amerika Serikat yang memiliki kekuatan mumpuni di Asia Barat. Ada dua jenis pasukan Iran yang bertugas untuk memperkuat negara yang mayoritas beragama muslim tersebut, yaitu pasukan militer dan pasukan revolusi. 

Kekuatan militer Iran tersebut terdiri dari 350 ribu pasukan angkatan darat, 18 ribu pasukan angkatan laut, dan 52 ribu pasukan angkatan udara. Selain itu, persenjataan Iran juga meliputi kapal selam super cepat sampai berbagai jenis rudal. 

4. Korea Utara

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

VIVA Militer: Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un

Kekuatan militer yang dimiliki oleh Korea Utara yang kuat membuat Amerika Serikat merasa keder. Era kepemimpinan Kim Jong Un ini membuat Korea Utara sering kali melakukan uji coba senjata militer, seperti rudal balistik antar benua sampai senjata nuklir. 

Anggaran militer Korut ini bahkan telah mencapai US$7,5 miliar. Hingga kini, tercatat kekuatan militer yang dimiliki Korea Utara terdiri atas 700.000 pasukan tentara aktif, 4,5 juta tentara cadangan, 10 unit bom nuklir, artileri, pesawat perusak, dan lain sebagainya. 

Tidak salah, Indonesia juga masuk ke dalam daftar sebagai salah satu negara yang ditakuti Amerika Serikat karena kekuatan militernya. Kekuatan militer Indonesia ini tidak jauh dari Amerika Serikat dan negara-negara kuat lainnya di dunia ini. 

Indonesia memiliki kekuatan angkatan udara dengan jumlah 441 unit pesawat, angkatan laut memiliki 221 unit kapal, serta angkatan darat 2.140 unit kendaraan lapis baja. Hal ini didukung dengan total 400 ribu tentara aktif, 400 ribu tentara cadangan, dan 300 ribu paramiliter.

Halaman Selanjutnya

Bukan hanya itu, Putin juga menyiapkan 47 juta warganya jika dalam keadaan darurat untuk berperang. Rusia menjalankan  15.398 unit tank, 3.793 unit sistem peluncur roket, 31.298 unis kendaraan tempur lapis baja, 5.972 unit artileri swagerak , an 4.625 berbagai jenis artileri.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *