Imbas Longsor di Banyumas, 10 Perjalanan KA Dari dan Tujuan Yogyakarta Dialihkan

Berita153 Dilihat

Senin, 4 Desember 2023 – 12:28 WIB

Banyumas – Longsor yang menutup rel kereta api di KM 340+100 !antara Stasiun Karanggandul-Karangsari Kabupaten Banyumas pada Senin, 4 Desember 2023, dinihari menyebabkan terjadinya gangguan keberangkatan kereta api dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 6 Yogyakarta.

Baca Juga :

Ternyata Korban Banjir Bandang yang Ditemukan Tewas Adalah Karyawan Hotel

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro mengatakan PT KAI Daop 6 Yogyakarta menyampaikan permohonan maaf karena sejumlah kereta api tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 mengalami gangguan akibat terimbas longsoran yang terjadi di Banyumas.

“Longsoran sendiri terjadi karena pengaruh curah hujan yang sangat tinggi di wilayah tersebut,” kata dia, Senin, 4 Desember 2023.

Baca Juga :

Rumah Warga Rusak Akibat Banjir Bandang di Humbang Hasundutan, 160 Orang Mengungsi

Jalur kereta api di antara Stasiun Sukatani dan Ciganea Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, yang tertimbun longsor secara bertahap sudah tertangani dan bisa dilintasi kereta api pada Sabtu, 6 Mei 2023.

Akibat kejadian tersebut, lanjut dia, sejumlah KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 ada yang dibatalkan sebagian rutenya di beberapa relasi dan dialihkan memutar lewat jalur utara melalui Gundih – Semarang – Tegal – Cirebon. Rute lain untuk pengalihan memutar lewat Kroya – Banjar – Bandung – Cikampek.

Baca Juga :

Banjir Bandang Terjang Humbang Hasundutan: 11 Orang Masih Hilang, 1 Ditemukan Tewas

“Hingga pukul 08.00 WIB Daop 6 mencatat terdapat 10 KA tujuan dan keberangkatan stasiun Daop 6 dialihkan memutar antara lain yaitu KA Kamandaka, Ranggajati, Argo Semeru, Fajar Utama Solo, Fajar Utama Yk, Bengawan, Gajahwong, Taksaka, Argo Lawu, dan Taksaka,” sebutnya.

“Fajar Utama Yogya keberangkatan pukul 07.00, lewat Kroya – Banjar – Bandung – Cikampek – Jakarta. Argo Lawu keberangkatan Solo pukul 08.30 lewat Gundih – Semarang – Tegal – Cirebon – Jakarta,” tambahnya.

Baca Juga  Sandiaga Uno Fokus Pemulihan Ekonomi Indonesia Ketimbang Isu Cawapres

Sedangkan untuk kereta api dari Jakarta dengan tujuan Klaten hingga Yogyakarta, menurut dia, Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstapen atau pengalihan moda transportasi seperti bus atau alternatif KA dari arah Solo ke Klaten dan Yogyakarta.

”Para pelanggan tidak perlu khawatir dan diimbau untuk terus memperhatikan arahan petugas di stasiun. Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121,” tutup Krisbiyantoro.

Halaman Selanjutnya

Sedangkan untuk kereta api dari Jakarta dengan tujuan Klaten hingga Yogyakarta, menurut dia, Daop 6 Yogyakarta memberlakukan overstapen atau pengalihan moda transportasi seperti bus atau alternatif KA dari arah Solo ke Klaten dan Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *