Gak Perlu Capek Mendaki Buat Nikmati Keindahan Gunung Telomoyo, Bisa Naik Motor Sampe Puncak

Berita50 Dilihat

Sabtu, 3 Februari 2024 – 12:30 WIB

SEMARANG – Gunung Telomoyo terletak di perbatasan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang. Ketinggian puncaknya berada di 1.894 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga :

Merinding, Ditemukan Gunung Bawah Laut di Perairan Selatan Pacitan

Telomoyo menjadi gunung yang saat ini sangat populer di Jawa Tengah. Wisatawan tidak perlu capek mendaki. Sebab, untuk menuju ke Puncak Gunung Telomoyo, bisa naik motor bahkan mobil. Benarkah? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

“Iya ini kan gunung yang dari dulu sudah ada jalan hingga puncak. Karena di puncak itu ada pemancar TVRI lalu ditambah pemancar lainnya. Lalu, jalan diperbaiki dan sekarang bisa untuk wisata,” jelas Ahmad Susianto, salah satu pegiat Wisata Alam Gunung Telomoyo.

Baca Juga :

Ternyata, Liburan Bisa Jadi Bahasa Cinta Baru Para Milenial dan Gen Z

Selama perjalanan menyusuri jalan aspal di lereng hingga puncaknya, wisatawan bakal disuguhi panorama pemandangan alam yang luar biasa indah. Dari sini, tampak jelas gunung-gunung lain yang seperti melayang diselimuti awan. Di sisi selatan, ada Gunung Merbabu, sisi barat ada Sindoro dan Sumbing, serta pegunungan Menoreh. Di sisi utara tampak Gunung Ungaran. Sementara di depan persis ada Gunung Andong.

Baca Juga :

Gunung Ibu di Maluku Utara Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1,5 Km

Menuju Gunung Telomoyo bisa ditempuh lewat 3 rute, yaitu rute lewat Salatiga, Magelang, dan rute lewat Banyubiru, Kabupaten Semarang. Tapi yang paling mudah itu lewat Salatiga dan Magelang karena jalannnya lebar dan mulus. Kalau lewat Banyubiru via Sepakung jalannya ekstrem. Namun, jika ingin memacu adrenalin, boleh-boleh saja mencoba.

Rute Salatiga cocok bagi yang berangkat dari Semarang atau Solo. Rute Magelang cocok bagi yang berangkat dari Magelang, Yogyakarta atau Wonosobo.

Baca Juga  Mau Ikut Upacara 17 Agustus di Istana Merdeka? Daftar di Sini

Nanti melewati jalan Salatiga – Magelang via Kopeng. Titik simpul kedua rute ada di Pasar Ngablak Magelang. Dari pasar ini belok ke arah Desa Dalangan hingga sampai ke pintu gerbang Wisata Alam Gunung Telomoyo. Total perjalanan dari Salatiga maupun Magelang sekitar 1 jam.

Nah, yang perlu diketahui wisatawan, kendaraan pribadi yang boleh naik adalah sepeda motor. Untuk yang bawa mobil, harus parkir di bawah, lalu bisa sewa sepeda motor atau kalau mau jalan kaki.

Tiket masuk per orang Rp15 ribu. Kalau sewa motor Rp70 ribu bisa dipakai naik ke Telomoyo maupun keliling ke tempat wisata lainnya di sekitar Gunung Telomoyo.

Gunung Telomoyo dilihat dari Gunung Andong.

Photo :

  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Ada lagi paket wisata berupa Jeep termasuk driver yang bisa naik sampai ke puncak Telomoyo. Tarifnya Rp400 ribu yang bisa memuat 4 orang. Serta ada paket lainnya seperti paket sunrise, paket sunset, paket keliling wisata di sekitar Gunung Telomoyo dengan tarif bervariasi.

Selama di lereng dan puncak Telomoyo, wisatawan bakal menyaksikan pemandangan yang eksotis. Kalau ada istilah negeri di atas awan, Telomoyo jelas masuk dalam sebutan itu.

Ada beberapa spot gardu pandang untuk menyaksikan keindahan alam di Gunung Telomoyo. Spot-spot makin bikin asyik karena dipadukan dengan kafe dan kedai kopi serta kuliner lainnya. Juga ada camping ground bagi yang ingin bermalam di lereng gunung. Tapi, tentu saja harus ada perlengkapan seperti tenda, jaket, seleeping bag, dan lain-lain. Namun, bisa sewa juga di dekat gerbang, atau menginap di glamping yang ada di sekitar Gunung Telomoyo.

Ada baiknya, sebelum ke sini, kontak dulu dengan pengelola wisata, untuk informasi cuaca. Karena di musim hujan kadang ditutup. Ketik saja Wisata Alam Telomoyo di Google, nanti muncul nomor kontaknya.

Baca Juga  Angka Pemudik Gratis 2024 Meningkat 62,3 Persen

Laporan: Teguh Joko Sutrisno

Halaman Selanjutnya

Nanti melewati jalan Salatiga – Magelang via Kopeng. Titik simpul kedua rute ada di Pasar Ngablak Magelang. Dari pasar ini belok ke arah Desa Dalangan hingga sampai ke pintu gerbang Wisata Alam Gunung Telomoyo. Total perjalanan dari Salatiga maupun Magelang sekitar 1 jam.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *