Eks Gubernur Papua Lukas Enembe Akan Dimakamkan di Halaman Rumahnya

Berita161 Dilihat

Rabu, 27 Desember 2023 – 20:14 WIB

Papua – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe akan dimakamkan di kediamannya di Koya Tengah, Kota Jayapura, Papua.

Baca Juga :

Petani Di Sijunjung Meninggal Tersambar Petir, BPJS Ketenagakerjaan Gerak Cepat Bayarkan Manfaat

“Jenazah mantan Gubernur Papua memang dijadwalkan dimakamkan Kamis di halaman kediamannya yang berada di Koya Tengah,” kata Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri di Jayapura, Rabu, 27 Desember 2023.

Dari hasil pertemuan dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat diputuskan setibanya jenazah mantan Gubernur Papua di Bandara Sentani, Kamis, 28 Desember 2023, akan langsung dibawa ke Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKIN) .

Baca Juga :

Penampakan Jenazah Lee Sun Kyun di RS Universitas Seoul, Kenapa Dijaga Super Ketat?

Selanjutnya akan dilakukan acara serah terima jenazah dari Pemprov Papua ke pihak keluarga untuk dimakamkan di Koya Tengah. “Kami akan mengawal prosesi hingga ke pemakaman agar masyarakat dapat memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum,” kata Mathius Fakhiri.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua

Baca Juga :

Masyarakat Jayapura Diminta Hentikan Aktivitas saat Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Melintas

Sementara itu Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen secara terpisah mengatakan pihaknya menyiagakan 500 personel untuk mengamankan prosesi penjemputan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Disarankan bagi pelayat menunggu di tempat persemayaman di STAKIN Sentani, kata dia, guna menghindari penumpukan massa di Bandara Sentani sehingga tidak mengganggu prosesi penjemputan jenazah.

Setelah disemayamkan selama beberapa saat di STAKIN, jenazah Lukas Enembe akan dibawa ke kediamannya di Koya Tengah dan dimakamkan di sana.

Baca Juga  Syahrul Yasin Limpo Resmi Ditahan, Kompak Pakai Rompi Oranye Bareng Anak Buahnya

“Mari kita bersama-sama menjaga kamtibmas agar tetap aman dan kondusif sehingga masyarakat dapat memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum mantan Gubernur Papua Lukas Enembe,” kata Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen.

Sebelumnya, pengacara Lukas Enembe, Petrus Bala Pattyona mengatakan jenazah mantan gubernur Papua Lukas Enembe akan diterbangkan ke Papua pada Kamis dini hari sekira pukul 01.00 WIB.

“Memang penerbangan dikatakan jam 12.00 (malam), tetapi tadi kami dapat informasi dari airline (maskapai), jadi jam 01.00 subuh, Kamis, dan nanti landing di Papua jam 07.00 pagi,” kata Petrus

Sesampainya di Papua, lanjut Petrus, akan dilakukan penghormatan terahdap jenazah Lukas Enembe. Petrus juga telah berkoordinasi dengan Polri terkait kepulangan jenazah Lukas Enembe.

“Nanti, sampai di sana (Papua), karena beliau adalah mantan gubernur yang sangat berjasa, mungkin ada acara protokoler. Seremoninya seperti apa? Saya belum tahu,” tambah Petrus.

Polda Papua menyatakan telah mengerahkan personil untuk mengamankan prosesi kedatangan jenazah Lukas Enembe hingga pemakaman.

Mantan gubernur Papua dua periode sekaligus terpidana kasus korupsi Lukas Enembe meninggal dunia di usia 56 tahun saat menjalani perawatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Desember 2023.

Lukas Enembe selama beberapa bulan terakhir menjalani sidang di Jakarta untuk kasus korupsi yang menjerat dirinya. Dalam rentang waktu tersebut, kondisi kesehatan Lukas sempat beberapa kali menurun dan dirawat di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Halaman Selanjutnya

Setelah disemayamkan selama beberapa saat di STAKIN, jenazah Lukas Enembe akan dibawa ke kediamannya di Koya Tengah dan dimakamkan di sana.

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *