Cerita Andika Buat Ransum TNI untuk Ringankan Beban Prajurit di Medan Tempur

Berita125 Dilihat

Selasa, 26 September 2023 – 23:18 WIB

Jakarta – Ransum tentara adalah makanan kemasan yang disiapkan untuk prajurit militer di area pertempuran. Dalam unggahan video yang dibagikan, Andika menceritakan awal mula dibuatnya Ransum TNI sebagai makanan prajurit di medan tempur.

Baca Juga :

Anggota DPRD Papua Desak Mendagri Segera Lantik MRP Terpilih 2023-2028

Andika menyebut, jika tercetusnya ide berawal dari prajurit Kopassus yang hanya membawa bekal cokelat ketika bertugas di hutan Papua. Dulu, kata Andika, prajurit disebut memilih membawa cokelat untuk memudahkan mereka saat bergerak.

Prajurit TNI AD. Foto ilustrasi.

Baca Juga :

Polisi Temukan Luka Bacok pada Jasad Anak Pamen TNI yang Tewas Terbakar di Halim

Dengan begitu, para prajurit tidak harus membawa banyak perbekalan. “Pasukan kita Kopassus tugas di Papua itu membawa cokelat. Karena di sana kan medannya ekstrim, sehingga kalau mereka harus bergerak beberapa hari bekal itu kan membebani banget,” kata Andika dalam Youtube Jenderal TNI (Purn.) Andika Perkasa, yang dikutip Rabu, 27 September 2023.

Pada saat itu, Andika mengaku dirinya masih menjabat sebagai Pangkostrad. Mendengar kabar prajurit TNI hanya mengonsumsi cokelat hal itu pun membuat Andika mengaku prihatin. 

Baca Juga :

5 Fakta Anak Perwira TNI AU Ditemukan Tewas Terbakar di Lanud Halim

Akhirnya, pada saat ia menjabat sebagai kasad, Andika pun mencetuskan untuk memproduksi bekal prajurit yang lebih bergizi dan ringan untuk dibawa. “Makanya waktu saya jadi kepala staf angkatan darat (Kasad), saya buat bekal makanan itu untuk operasi” Kata Andika

“Saya mendesain sedemikian rupa agar bekal makanan tadi tidak membuat kita sakit. Pertama, kilo protein harus tercukupi (untuk prajurit) tetapi gimana caranya agar tidak terlalu berat. Yang kita perbanyak adalah porsi protein” ujarnya

Sebagai informasi, Ransum tentara adalah makanan kaleng atau kemasan yang didesain agar mudah untuk disiapkan dan dimakan di area pertempuran. 

Ransum termasuk pernak-pernik militer selain dari bayonet, atribut, atau replika senjata. Angkatan bersenjata di seluruh dunia hampir memiliki produk Ransum mereka sendiri.

Halaman Selanjutnya

Source : ANTARA/Hans Arnold Kapisa

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *