5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

Berita13 Dilihat

Selasa, 2 April 2024 – 17:02 WIB

VIVA – Puasa merupakan praktik spiritual yang dilakukan oleh umat Muslim di seluruh dunia selama bulan Ramadhan. Namun, selain nilai-nilai spiritualnya, puasa juga ternyata memiliki manfaat kesehatan, termasuk bagi penderita diabetes. Berikut ini deretan manfaat puasa bagi penderita diabetes yang dihimpun dari berbagai sumber:

Baca Juga :

Puasa Tapi Tidak Salat, Sahkah Puasanya dan Bagaimana Hukumnya?

1. Meningkatkan sensitivitas insulin

Baca Juga :

Felicya Angelista Ajak Dinda Hauw dan Rey Mbayang Tebar Kebaikan di Bulan Ramadhan

Puasa dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Selama puasa, tubuh menggunakan cadangan glukosa yang tersimpan di dalam sel-sel, sehingga membantu menurunkan kadar gula darah. Dengan meningkatnya sensitivitas insulin, penderita diabetes dapat mengelola kondisinya dengan lebih baik.

2. Menurunkan berat badan

Baca Juga :

Heboh! Sepasang Remaja di Pacitan Mesum di Hutan saat Siang Ramadhan

Ilustrasi anak muda yang sehat raga dan sehat finansial

Ilustrasi anak muda yang sehat raga dan sehat finansial

Puasa dapat menjadi cara efektif untuk menurunkan berat badan, yang merupakan faktor penting dalam pengelolaan diabetes. Dengan mengurangi asupan makanan selama periode puasa, tubuh membakar cadangan lemak sebagai sumber energi, sehingga membantu menurunkan berat badan secara bertahap.

3. Meningkatkan kontrol gula darah

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

Photo :

  • Pexels/Polina Tankilevitch

Puasa dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah pada penderita diabetes. Dengan pola makan yang teratur selama periode puasa, seperti sahur dan berbuka puasa, penderita diabetes dapat mengontrol kadar gula darahnya dengan lebih efektif.

4. Mengurangi resistensi insulin

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :

  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Puasa intermiten telah terbukti dapat membantu mengurangi resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2. Dengan mengatur pola makan selama periode puasa, terutama dengan menghindari makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana, resistensi insulin dapat berkurang, sehingga membantu mengontrol kondisi diabetes.

Baca Juga  5 Fakta Menarik Jelang Duel Manchester City vs Chelsea

5. Memperbaiki profil lipid

Ilustrasi diabetes.

Ilustrasi diabetes.

Photo :

  • Pexels/Nataliya Vaitkevich

Puasa juga dapat membantu memperbaiki profil lipid, seperti penurunan kadar trigliserida dan peningkatan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Perubahan ini dapat membantu mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular yang sering terjadi pada penderita diabetes.

Meskipun puasa dapat memberikan sejumlah manfaat bagi penderita diabetes, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum memulai puasa, terutama jika memiliki kondisi kesehatan yang kompleks atau membutuhkan pengaturan dosis obat yang tepat. Dengan pengawasan medis yang tepat, puasa dapat menjadi bagian dari pengelolaan diabetes yang holistik dan berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya

3. Meningkatkan kontrol gula darah

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *