5 Kebiasaan Sepele yang Bikin Wajah Cepat Keriput! Hindari Segera!

Berita17 Dilihat

Kamis, 28 Maret 2024 – 14:33 WIB

Jakarta – Wajah yang awet muda dan bebas keriput adalah dambaan banyak orang. Namun, penuaan kulit dapat dipercepat oleh beberapa kebiasaan sehari-hari yang seringkali tidak kita sadari. 

Baca Juga :

Ini Penyebab Merokok Bisa Membatalkan Puasa Ramadhan

Artikel ini akan membahas kebiasaan-kebiasaan tersebut dan memberikan panduan mengenai cara menghindarinya untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik.

Yuk kita bahas!

Baca Juga :

Benarkah Nikotin Biang Keladi Masalah Kesehatan Akibat Merokok? Cek Faktanya

1. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Ilustrasi berjemur di bawah sinar matahari

Baca Juga :

Gerhana Bulan Penumbra Siap Menyapa Malam Ini, Catat Jam dan Lokasinya

Paparan sinar matahari yang berlebihan adalah salah satu penyebab utama keriput pada wajah. Sinar UV dapat merusak kolagen dan elastin, yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya.

Cara Mencegah: Gunakan tabir surya setiap hari, kenakan topi, dan hindari berjemur terlalu lama di bawah matahari, terutama saat sinar matahari paling kuat antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

Merokok tidak hanya merugikan kesehatan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga berdampak buruk pada kulit. Zat-zat kimia dalam rokok dapat mengurangi aliran darah ke kulit dan merusak kolagen.

Cara Mencegah: Langkah terbaik adalah berhenti merokok. Selain itu, hindari lingkungan berbau asap rokok, karena asap pasif juga dapat merusak kulit.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat menyebabkan mata bengkak dan garis-garis halus pada wajah. Selama tidur, tubuh memulihkan diri dan memproduksi kolagen.

Cara Mencegah: Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap malam, sekitar 7-9 jam, agar kulit dapat memperbaiki diri.

4. Diet Tidak Seimbang

Diet yang kurang nutrisi penting seperti vitamin A, C, E, dan antioksidan dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Nutrisi tersebut penting untuk pertumbuhan sel-sel kulit yang sehat.

Baca Juga  Parpol Baru Tak Bisa Usung Capres dan Tak Ada Logo di Surat Suara

Cara Mencegah: Makan makanan seimbang dengan banyak buah, sayuran, kacang-kacangan, dan protein. Pastikan untuk mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang mencukupi.

5. Konsumsi Alkohol Berlebihan

Konsumsi alkohol berlebihan dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan dehidrasi. Kulit yang dehidrasi cenderung lebih kering dan rentan terhadap keriput.

Cara Mencegah: Minum alkohol dengan bijak dan pastikan untuk menggantinya dengan air putih untuk menjaga kelembaban kulit.

6. Stres Kronis

Stres kronis dapat mempercepat proses penuaan kulit. Stres melepaskan hormon yang dapat merusak kolagen dan elastin.

Cara Mencegah: Atasi stres dengan teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau bahkan olahraga. Cobalah untuk menemukan waktu untuk diri sendiri dan bersantailah.

7. Ekspresi Wajah yang Sering

Ekspresi wajah yang sering, seperti mengkerutkan dahi atau mengernyitkan mata, dapat menyebabkan garis-garis ekspresi pada wajah seiring berjalannya waktu.

Cara Mencegah: Cobalah untuk mengurangi ekspresi wajah yang sering jika memungkinkan. Gunakan kacamata matahari untuk menghindari mengernyitkan mata saat terlalu cerah.

Melindungi kulit kamu dari faktor-faktor di atas dan merawatnya dengan baik adalah langkah penting dalam mencegah keriput. Selain itu, perawatan kulit yang rutin dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit kamu juga dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. 

Halaman Selanjutnya

2. Merokok

Halaman Selanjutnya



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *